Film Akhirat: A Love Story, Alam Kubur Yang Beda

Film Akhirat: A Love Story bukan satu-satunya yang mengusung tema percintaan beda agama. Tapi, gambaran keadaan di alam setelah kematian menjadi daya tarik karya sutradara Jason Iskandar ini. Tontonlah trailer-nya, akan muncul rasa penasaran seperti ingin tau gimana sih ending-nya. Apalagi, nama-nama pelakon film Akhirat ini juga bukan main-main: Adipati Dolken, Della Dartyan, Verdi Solaiman, Arswendi, serta dua bintang senior Ayu Diah Pasha dan Nungki Kusumastuti.

Screening film Akhirat

Adipati Dolken dan Della Dartyan sebelumnya pernah berperan sebagai sepasang kekasih di Love for Sale 2, tapi Della adalah Della. Bukannya lanjut jadi menantu yang baik, malah kabur ke desa menuruti kata hati jadi penari Lengger Maut. 😁

Film Akhirat: A Love Story berkisah tentang pasangan Timur (Adipati Dolken) dan Mentari (Della Dartyan) yang menjalani backstreet. Maklum, keduanya berasal dari keluarga beda agama: Della adalah muslimah, sementara Timur penganut Katolik. Ibu mereka pun bukan abangan, sama-sama aktif di organisasi gereja maupun masjid.

Terus di mana akhiratnya kalo isinya pacaran aja? Simak hal menarik seputar film Akhirat yang bisa bikin kamu berpikiran lain tentang kehidupan setelah mati.

Saat koma, jiwa Mentari dan Timur ada di antara dunia dan akhirat

Setelah mengalami kecelakaan hebat, Mentari dan Timur terbaring koma selama berhari-hari. Biasanya, jiwa korban cuma menonton di sudut kamar sambil meratapi nasib dan memandangi keluarga yang menunggui. Tapi, di film Akhirat Timur dan Mentari berjalan-jalan ke alam lain yang digambarkan sebagai in between sebelum akhirnya benar-benar masuk ke akhirat.

Ilustrasi alam kubur dan akhirat jauh dari gambaran umum

Di sini, kami acungkan jempol untuk Jason Iskandar yang berani berfantasi tentang kehidupan sesudah mati lewat film Akhirat ini. Jason menggambarkannya jauh dari imajinasi seperti tertuang dalam komik siksa neraka jaman kecil. Bahkan, buat mereka yang ingin berlama-lama di dunia in betweet ini, tersedia rumah Pancarona dengan penghuni yang modis-modis. Windy Apsari successfully stole our attention by her appearance. Siapa yah stylist-nya?

Malaikat pencabut nyawa dan pencatat kematian dengan kearifan lokal

“Orang” pertama yang menemui Timur di alam kubur adalah seorang pria dengan ikat kepala, rompi, dan celana kain yang selalu membawa catatan. Dialah yang memegang daftar kematian. Sementara, bagian pencabut nyawa (di sini digambarkan menjemput) membawa lentera dan membunyikan lonceng.

Panti khusus hantu

Di film Akhirat, sebelum benar-benar mati, kamu bisa memilih untuk tinggal di sebuah panti dengan penghuni para “hantu”. Seperti kehidupan nyata, di sini mereka berpenampilan layaknya manusia. Sedikit mengingatkan pada film Coco, kondisi terakhir saat meninggal menjadi tampilan mereka di panti bernama Pancarona ini. Jadi, jangan heran kalau ada pasangan yang terpaut beda usia jauh banget di sini.

Sesuai dengan genre-nya yaitu drama fantasi romantis, tentu saja gambaran tentang akhirat di film ini hanya imajinasi. Yang bikin penasaran tentu saja ending-nya: apakah Timur dan Mentari akan bersama di kehidupan akhirat seperti kutipan dalam trailer-nya.

Della Dartyan, pemeran Menari di film Akhirat

Jawabannya bisa kamu temukan mulai 2 Desember 2021 ya.

Tinggalkan komentar